Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

53 Soal THT Beserta Jawaban

Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi THT

1. Dimanakah letak cone of light pada membran timpani
A. Area 1
B. Area 2
C. Area 3
D. Area 4

Jawaban:
B. Area 2


2. Seorang laki-laki berusia 18 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan keluar cairan dari kedua telinga sejak 3 bulan yang lalu, cairan berwarna kekuningan dan berbau. Riwayat bisul di belakang telinga disangkal. Sebelumnya saat os masih kecil, os juga pernah mengalami keluhan keluar cairan dari telinga. Selain itu, os juga mengeluhkan sakit kepala yang hebat sejak 1 minggu yang lalu. Demam (-), mual (-), muntah (-), muka mencong (-), keluhan pendengaran berkurang disangkal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum: tampak sakit sedang, compos mentis, suhu afebris, dispneu (-), stridor (-), retraksi (-). Pada pemeriksaan THT, AD: liang telinga lapang, jaringan graulasi (+), secret purulen, membran timpani perforasi (+) total. AS: liang telinga lapang, jaringan granulasi (+), secret (+) purulen, membrane timpani belum dapat dinilai seluruhnya. Untuk menegakkan diagnosis, pemeriksaan penunjang apa yang paling tepat?
A. Audiometri
B. CT scan kepala
C. Pungsi lumbal
D. Rontgen kepala

Jawaban:
B. CT scan kepala


3. Perempuan 15 tahun dibawa ibunya ke poliklinik dengan keluhan hidung buntu sejak 2 minggu dan hidung berbau. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Pada rhinoskopi anterior didapatkan konka mengecil pada inferior kanan dan kiri. Diagnosis ?
A. Rhinitis alergi
B. Rhinitis ozaena
C. Rhinitis vasomotor
D. Rhinitis medikamentosa

Jawaban:
B. Rhinitis ozaena


4. Seorang pemilik perusahaan otomotif mengeluh bahwa sebagian besar karyawannya mengalami penurunan pendengaran. Berapa desibelkah batas terpajan bising?
A. 84 db selama 10 jam
B. 88 db selama 8 jam
C. 94 db selama 1 jam
D. 85 db selama 9 jam

Jawaban:
C. 94 db selama 1 jam


5. Seorang wanita usia 32 tahun datang dengan keluhan pilek-pilek hidung kiri buntu, di rasakan sudah 5 bulan pada pemeriksaan rhinoskopi anterior di dapatkan gambaran adanya massa putih menggantung lunak. Diagnosis ?
A. Rhinosinusitis
B. Tumor sinus
C. Polip sinus frontal
D. Polip antro choanal sinistra

Jawaban:
D. Polip antro choanal sinistra


6. Seorang laki-laki usia 40 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan penurunan pendengaran yang dirasakan secara tiba- tiba yang dirasakan pada satu sisi telinga. Keluhan ini disertai dengan telinga berdenging. Pada pemeriksaan otoskopi tidak dijumpai kelainan pada telinga yang sakit. Pada pemeriksaan garpu tala ditemukan Rinne positif Weber lateralisasi ke telinga yang sehat, schwabach memendek. Diagnosis untuk kasus di atas adalah:
A. Tuli mendadak
B. Tuli konduksi
C. Tuli sensorineural
D. Tuli campuran

Jawaban:
A. Tuli mendadak


7. Seorang bayi usia 7 bulan dibawa orang tuanya ke puskesmas dengan keluhan demam 2 hari. Keluhan disertai sesak napas. Terdapat riwayat ISPA 1 minggu sebelumnya. Pemeriksaan tanda vital RR 34x/menit, N 120x/menit, Tax 38C. Pemeriksaan fisik didapatkan faring hiperemis dan menonjol, dilakukan pungsi hasil pus. Diagnosis pasien?
A. Abses retrofaring
B. Abses parafaring
C. Abses peritonsil
D. Tonsilofaringitis

Jawaban:
A. Abses retrofaring


8. Pria 17 tahun datang dengan keluhan nyeri menelan, demam sejak 4 hari yg lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan faring tidak hiperemis, tonsil T2 /T2 detritus. Diagnosis adalah?
A. Tonsilitis difteri
B. Tonsilitis akut
C. Tonsilitis kronis
D. Tonsilofaringitis

Jawaban:
B. Tonsilitis akut


9. Pasien laki-laki, usia 37 tahun datang dengan keluhan pendengaran berkurang sejak 2 bulan yang lalu pada kedua telinga namun lebih berat di telinga kiri. Pasien bekerja pada pabrik semen selama lebih dari 8 tahun. Pada hasil pemeriksaan didapatkan
A. SNHL auris dekstra
B. SNHL auris sinistra
C. Trauma akustik
D. Sudden deafness

Jawaban:
B. SNHL auris sinistra


10. Laki-laki 30 tahun datang dengan keluhan suara serak, sejak 1 minggu ini. Nyeri telan disangkal, demam disangkal, penurunan berat badan disangkal. Diagnosis kasus di atas yang tepat adalah?
A. Laringitis akut
B. Laringitis TB
C. Ca laring
D. Ca tenggorok

Jawaban:
A. Laringitis akut


11. Laki-laki 29 th mengeluh hidung gatal dan tersumbat dalam 2 bulan, disertai ingus encer, hidung tersumbat, gatal pada langit2, kambuh 4-5 hari per minggu, khususnya saat terkena debu. Pemeriksaan fisik didapatkan cavum nasi sempit, konka pucat, permukaan licin, cairan serous. Komplikasi yang paling sering terjadi adalah?
A. Polip nasi
B. Sinusitis maksilaris
C. Sinusitis frontalis
D. Angiofibroma

Jawaban:
A. Polip nasi


12. Seorang Anak berusia 14 tahun datang ke dokter dengan keluhan mimisan banyak dan berulang. Keluhan dirasakan sejak pasien berusia 12 tahun. Terdapat keluhan hidung tersumbat. Pada pemeriksaan didapatkan tanda - tanda vital dalam batas normal. Pada rinoskopi posterior ditemukan massa lunak, nyeri, kenyal, berwarna abu - abu. Apa kemungkinan diagnosis pasien tersebut?
A. Ca Tonsil
B. Tonsilitis Akut
C. Ca Nasofaring
D. Angiofibroma Nasofaring Tipe Juvenille
E. Hipertrofi Adenoid

Jawaban:
D. Angiofibroma Nasofaring Tipe Juvenille


13. Pada kasus sebelumnya, apabila pasien mengalami perburukan seperti sesak napas, demam, kesulitan intake, kemungkinan yang terjadi adalah
A. Abses submandibular
B. Angina ludwig
C. edema laring
D. Rinosinusitis
E. Sepsis

Jawaban:
B. Angina ludwig


14. Pada kasus sebelumnya, pemeriksaan paling awal yang dilakukan pada pasien adalah
A. Rinoskopi Anterior
B. Rinoskopi Posterior
C. CT Scan
D. MRI
E. Rontgen leher

Jawaban:
B. Rinoskopi Posterior


15. Tn. Suroso berusia 67 tahun datang dengan keluhan muncul benjolan pada leher sekitar 7 bulan yang lalu. Benjolan awalnya muncul pada leher sebelah kanan, kemudian muncul di sebelah kiri. Benjolan semakin lama semakin besar dan tidak nyeri. Pasien sudah berobat, namun keluhan tidak berkurang. Pasien juga mengeluhkan hidung tersumbat, nyeri pada telinga sebelah kanan, terdapat penurunan pendengaran, dan nyeri kepala. Apa kemungkinan mekanisme penyakit yang terjadi pada pasien?
A. Degeneratif
B. Trauma
C. Infeksi
D. Kongenital
E. Kongestif

Jawaban:
C. Infeksi


16. Pasien datang dengan keluhan muncul benjolan pada rahang bagian bawah. Sebelumnya pasien mengeluh sakit gigi bagian bawah sekitar 2 minggu yang lalu. Tanda - tanda vital pasien dalam batas normal. Kemungkinan diagnosa pada pasien adalah...
A. Angina ludwig
B. Abses submandibular
C. Abses mandibular
D. Abses maxilaris
E. Ca nasofaring

Jawaban:
B. Abses submandibular


17. Ny. Mitsuri berusia 35 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan hidung tersumbat sejak 2 tahun yang lalu. Keluhan dirasakan hilang timbul. Riwayat berobat ke dokter dengan keluhan serupa. Pasien sering kali bersin - bersin saat pagi hari. Pada pemeriksaan rinoskopi anterior, hasil yang didapatkan adalah
A. Konka hiperemi
B. Konka pucat
C. Edema konka
D. Konka atrofi
E. Konka gelap

Jawaban:
E. Konka gelap


18. Anak berusia 7 tahun datang dengan keluhan sering mendengkur selama 1 minggu ini. Pasien sering terbangun karena sulit bernafas saat tidur dan bernapas lewat mulut. Pada pemeriksaan fisik didapatkan gigi atas prominen, pandangan kosong. Tampak napas dari mulut. Riwayat infeksi berulang sejak kecil. Apakah kemungkinan diagnosis tersebut?
A. Sinusitis
B. Hipertrofi Adenoid
C. Tonsilitis Akut
D. Tonsilits Kronis
E. Angiofibroma Nasofaring Tipe Juvenille

Jawaban:
B. Hipertrofi Adenoid