Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

32 Soal (Essay) Filsafat Administrasi dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Filsafat Administrasi

1. Jelaskan peran evaluasi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Evaluasi dalam administrasi melibatkan penilaian dan analisis terhadap kinerja organisasi, program, atau kebijakan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas.


2. Apa yang dimaksud dengan kebijakan publik dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Kebijakan publik dalam administrasi mengacu pada keputusan yang diambil oleh pemerintah atau lembaga publik untuk mengatur, mengarahkan, dan mempengaruhi tindakan dan interaksi dalam masyarakat. Filsafat administrasi membantu dalam merumuskan kebijakan publik yang adil, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


3. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengelolaan konflik dalam organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mendorong dialog, pemahaman, dan penyelesaian konflik yang adil dapat membantu dalam mengelola konflik dalam organisasi dengan cara yang konstruktif dan menghasilkan solusi yang memuaskan semua pihak.


4. Jelaskan konsep keadilan distributif dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Keadilan distributif dalam administrasi mengacu pada prinsip yang menyatakan bahwa sumber daya, manfaat, dan beban dalam organisasi harus didistribusikan secara adil dan merata kepada semua anggota berdasarkan kontribusi, kebutuhan, atau kinerja mereka. Filsafat administrasi mempromosikan keadilan distributif sebagai prinsip penting dalam pengelolaan sumber daya organisasi.


5. Apa yang dimaksud dengan kebijakan transformatif dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Kebijakan transformatif dalam administrasi mengacu pada kebijakan yang bertujuan untuk menciptakan perubahan sosial yang positif dalam masyarakat. Hal ini melibatkan penggunaan kebijakan dan praktik administrasi untuk mengatasi ketidakadilan struktural, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial.


6. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pembentukan kebijakan publik?

Jawaban: 
Filsafat administrasi memberikan landasan nilai dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam pembentukan kebijakan publik. Hal ini mempengaruhi proses pengambilan keputusan, pemilihan tujuan, dan pertimbangan etika dalam kebijakan publik.


7. Jelaskan konsep efektivitas dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Efektivitas dalam administrasi mengacu pada kemampuan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efisien dan hasil yang optimal. Filsafat administrasi membantu mengidentifikasi strategi, proses, dan tindakan yang diperlukan untuk mencapai efektivitas administrasi.


8. Apa yang dimaksud dengan otonomi dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Otonomi dalam administrasi mengacu pada pemberian wewenang dan kebebasan kepada individu atau kelompok untuk mengambil keputusan dan bertindak secara independen sesuai dengan tanggung jawab mereka dalam mencapai tujuan organisasi.


9. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengelolaan konflik etis dalam organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mendorong integritas, keadilan, dan dialog konstruktif dapat membantu dalam pengelolaan konflik etis dalam organisasi dengan menciptakan lingkungan yang mendukung diskusi terbuka, pemahaman bersama, dan penyelesaian yang adil.


10. Jelaskan konsep keadilan dalam administrasi!

Jawaban: 
Keadilan dalam administrasi melibatkan perlakuan yang adil terhadap semua pihak yang terlibat, tanpa diskriminasi, nepotisme, atau korupsi.


11. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pengambilan keputusan?

Jawaban: 
Filsafat administrasi memberikan kerangka nilai dan prinsip yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Hal ini membantu administrator dalam mempertimbangkan konsekuensi, efektivitas, dan konsistensi keputusan yang diambil.


12. Apa peran manusia dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Menurut filsafat administrasi, manusia merupakan elemen sentral dalam administrasi. Administrasi harus memahami kebutuhan, motivasi, dan partisipasi manusia dalam mencapai tujuan organisasi.


13. Jelaskan konsep efisiensi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Efisiensi dalam administrasi mengacu pada penggunaan sumber daya yang optimal untuk mencapai tujuan organisasi dengan waktu, tenaga, dan biaya yang minimal.


14. Jelaskan konsep keberagaman dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Keberagaman dalam administrasi melibatkan pengakuan terhadap perbedaan dalam hal latar belakang, budaya, jenis kelamin, ras, agama, dan orientasi seksual. Filsafat administrasi mendorong inklusi dan memanfaatkan keberagaman sebagai sumber daya yang berharga.


15. Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab sosial dalam administrasi menurut filsafat administrasi?

Jawaban: 
Tanggung jawab sosial dalam administrasi mengacu pada kewajiban organisasi untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Hal ini melibatkan prinsip keadilan, keberlanjutan, dan kepedulian terhadap dampak sosial dari keputusan dan tindakan administrasi.


16. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi hubungan antara administrasi dan masyarakat?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang berfokus pada pelayanan publik, akuntabilitas, dan partisipasi dapat mempengaruhi hubungan antara administrasi dan masyarakat dengan menciptakan hubungan yang saling percaya, terbuka, dan kolaboratif.


17. Tuliskan pengertian filsafat administrasi menurut H. Makmur !

Jawaban:
Pengertian filsafat administrasi menurut H. Makmur:
Filsafat administrasi adalah proses berpikir secara matang, berstruktur, dan mendalam terhadap hakikat dan makna yang terkandung dalam materi ilmu administrasi. Memang disadari atau tidak, sesungguhnya ilmu administrasi memfokuskan diri terhadap aspek manusia, terutama pelaksanaan aktivitas, dilakukan secara kerja sama. Dalam mewujudkan kerja sama, diperlukan kematangan pengaturan dan ketertiban dalam keteraturan agar upaya pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat terwujud dengan baik dan memuaskan dari seluruh yang terlihat.


18. Bagaimana korelasi filsafat dan administrasi?

Jawaban:
Korelasi filsafat dan administrasi:
Berfilsafat merupakan rangkaian kegiatan atau aktivitas dengan menggunakan pemikiran dan perasaan manusia. ... Dapat dipahami bahwa korelasi antara filsafat dengan administrasi terletak pada bidang kajiannya, yaitu sama-sama mengkaji tentang manusia dan masyarakat


19. Mengapa perlunya filsafat administrasi?

Jawaban:
Perlunya filsafat administrasi
Pentingnya Sarjana Administrasi Publik mempelajari filsafat administrasi adalah : ... Filsafat membantu kita untuk berpikir dan, dengan demikian, kita akan dipandu untuk memahami dunia bersama misteri-misterinya, dunia seakan menjadi gamblang dengan permasalahan-permasalahannya.


20. Jelaskan filsafat administrasi secara aksiologis !

Jawaban:
Adapun dilihat secara aksiologis, fokus kajian administrasi berkaitan dengan manfaat administrasi secara pragmatis yang berkaitan dengan kehidupan ketatausahaan, pengorganisasian, pelimpahan wewenang, dan kerja sama dalam melaksanakan tugas perkantoran ataupun organisasi demi tercapainya tujuan.


21. Tuliskan filsafat administrasi secara epistemologi !

Jawaban:
Dalam perspektif epistemologi, pengkajian administrasi menekankan pada penggalian sumber pengetahuan administrasi, dilihat dari perkembangan administrasi, hingga administrasi sebagai ilmu yang dapat diteliti dan diterapkan dalam kehidupan manusia.


22. Tuliskan filsafat administrasi secara fenomenologis !

Jawaban:
Secara fenomenologis, komunitas dengan organisasi sangat sulit dibedakan.Hal semacam inilah merupakan keajaiban ilmu pengetahuan, dimana pandangan ilmuwan administrasi lebih populer dengan menggunakan istilah organisasi, sedangkan bagi ilmuwan sosiologi lebih populer dengan menggunakan istilah komunitas masyarakat.


23. Jelaskan filsafat administrasi secara ontologis !

Jawaban:
Filsafat administrasi adalah pemikiran mendalam, logis, sistematis, rasional, dan radikal dalam mendalami administrasi secara teoretis dan praktis.


24. Jelaskan pengertian filsafat administrasi menurut H. Rahmat !

Jawaban:
Filsafat administrasi mengkaji secara kontemplatif hakikat administrasi yang di dalamnya terdapat kajian hakikat organisasi, hakikat kepemimpinan, hakikat tugas dan kewajiban administrator, dan hakikat kerja sama dalam menerapkan prinsip-prinsip administrasi dan sistem pengelolaannya.


25. Apa saja aspek-aspek penting dalam filsafat administrasi?

Jawaban: 
Aspek-aspek penting dalam filsafat administrasi meliputi etika, nilai-nilai organisasi, pemikiran sistemik, dan peran manusia dalam administrasi.


26. Bagaimana filsafat administrasi dapat berkontribusi pada inovasi organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang mendorong pembelajaran, eksperimen, dan pengembangan kreativitas dapat mendorong inovasi dalam organisasi.


27. Apa dampak dari globalisasi terhadap filsafat administrasi?

Jawaban: 
Globalisasi memperluas lingkup administrasi, menghadirkan tantangan baru seperti keragaman budaya dan persaingan global. Filsafat administrasi harus mengintegrasikan nilai-nilai global dan perspektif lintas budaya.


28. Jelaskan peran komunikasi dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Komunikasi merupakan elemen kritis dalam administrasi, karena melibatkan pertukaran informasi, koordinasi, dan pemahaman yang efektif antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses administrasi.


29. Bagaimana filsafat administrasi dapat mempengaruhi pembangunan berkelanjutan?

Jawaban: 
Filsafat administrasi yang berfokus pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial dapat mempengaruhi praktik administrasi dalam mengelola sumber daya secara berkelanjutan dan mempertimbangkan dampak lingkungan.


30. Bagaimana filsafat administrasi dapat membantu mengelola perubahan dalam organisasi?

Jawaban: 
Filsafat administrasi memberikan dasar nilai dan prinsip-prinsip yang diterapkan dalam manajemen perubahan. Hal ini membantu dalam mempertahankan integritas, meminimalkan resistensi, dan memastikan perubahan sesuai dengan tujuan organisasi.


31. Jelaskan pentingnya kepemimpinan dalam administrasi menurut filsafat administrasi!

Jawaban: 
Kepemimpinan yang efektif diperlukan dalam administrasi untuk menginspirasi, mengarahkan, dan membimbing individu dan kelompok dalam mencapai tujuan organisasi, serta memperjuangkan nilai-nilai filsafat administrasi.


32. Bagaimana Filsafat Administrasi mempengaruhi kebijakan pengadaan dan pengelolaan sumber daya manusia?

Jawaban: 
Filsafat Administrasi dapat memengaruhi cara sumber daya manusia direkrut, dilatih, dan dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip filosofis yang dianut.