Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

25 Soal (Essay) Perbandingan Administrasi Negara dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Perbandingan Administrasi Negara

1. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara otoriter dan demokratis?

Jawaban: 
Administrasi negara otoriter memiliki kendali yang kuat dan otoritas yang terpusat pada satu entitas, sedangkan administrasi negara demokratis melibatkan partisipasi publik dalam pengambilan keputusan politik.


2. Jelaskan perbedaan antara birokrasi dan administrasi publik!

Jawaban: 
Birokrasi merujuk pada struktur organisasi yang rumit dan prosedur yang kaku, sedangkan administrasi publik mencakup kegiatan dan praktik dalam pengelolaan pemerintahan.


3. Apa keunggulan dan kelemahan dari administrasi negara desentralisasi?

Jawaban: 
Keunggulan administrasi negara desentralisasi adalah lebih dekat dengan kebutuhan lokal, tetapi kelemahannya adalah mungkin terjadi kurangnya koordinasi antara wilayah.


4. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara korporat dan administrasi negara birokratis!

Jawaban: 
Administrasi negara korporat lebih terfokus pada tujuan ekonomi dan efisiensi, sedangkan administrasi negara birokratis lebih menekankan aturan dan prosedur.


5. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara maju dan negara berkembang?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara maju cenderung lebih efisien dan terorganisir dengan teknologi yang maju, sedangkan administrasi negara di negara berkembang mungkin menghadapi tantangan infrastruktur dan sumber daya yang terbatas.


6. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di sistem politik demokrasi dan sistem politik otoriter?

Jawaban: 
Administrasi negara di sistem politik demokrasi melibatkan partisipasi publik dan kebebasan berpendapat, sedangkan administrasi negara di sistem politik otoriter lebih didasarkan pada kontrol pemerintah yang kuat.


7. Tujuan dari dipelajarinya ilmu perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Kengunaaan Mempelajari Perbandingan Administrasi Negara Mempelajari perbandingan administrasi negara berguna untuk hal berikut:
1. Mencari perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam adminstrasi negera masing-masing;
2. Mencari dan menemukan sistem administrasi negara yang paling efektif dalam mencapai tujuan bernegara


8. Apa yang dimaksud dengan perbandingan administrasi negara?

Jawaban:
Perbandingan administrasi negara adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji sistem pelayanan negara dan penyelenggaraan negara dengan pendekatan perbandingan. Perbadingan ini bertujuan membandingkan pola-pola administrasi dari berbagai sudut pandang.


9. Jelaskan perkembangan studi perbandingan dalam Ilmu Administrasi Negara berdasarkan Tinjauan dari sudut Perkembangan Ilmu Administrasi Negara!

Jawaban:
Tinjauan dengan menggunakan paradigma dalam ilmu administrasi negara seperti yang dikemukakan oleh Nicholas Henry dapat dipakai untuk melihat latar belakang dari lahirnya studi perbandingan administrasi negara. Henry menegaskan bahwa perkembangan administrasi negara semenjak lahirnya pada tahun 1886, telah melalui beberapa paradigma yaitu Paradigma Dikotomi Politik Administrasi, Paradigma Prinsip Prinsip Administrasi yang dilanjutkan dengan situasi tidak menentu yang dikenal dengan Masa Tantangan/Krisis Identitas. Dampak dari situasi ini adalah lahirnya dua paradigma berikutnya yang muncul dalam waktu yang hampir bersamaan, yaitu Paradigma Administrasi Negara sebagai bagian Ilmu Politik, dan Paradigma Administrasi Negara sebagai bagian Ilmu Administrasi. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan yang terakhir Paradigma  Administrasi Negara Baru.


10. Apa perbedaan antara administrasi negara pusat dan administrasi negara daerah?

Jawaban: 
Administrasi negara pusat berkaitan dengan pengelolaan pemerintahan di tingkat nasional, sedangkan administrasi negara daerah berfokus pada pengelolaan pemerintahan di tingkat regional atau lokal.


11. Jelaskan perbedaan antara sistem administrasi negara presidensial dan parlementer!

Jawaban: 
Sistem administrasi negara presidensial memiliki pemisahan kekuasaan antara eksekutif dan legislatif, sementara sistem administrasi negara parlementer memiliki hubungan erat antara eksekutif dan legislatif.


12. Masalah apa saja yang dihadapi dalam memahami studi administrasi negara perbandingan?

Jawaban:
Tuntutan lahirnya studi perbandingan dalam administrasi Negara yang didorong oleh kebutuhan para ilmuwan maupun praktisi administrasi Negara ternyata melahirkan permasalahan baru atau menghadapi tiga masalah utama yaitu : tujuan dan sasaran, data, serta metoda.


13. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan ekonomi terbuka dan ekonomi tertutup.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan ekonomi terbuka memberikan akses lebih besar kepada pasar global, sedangkan administrasi negara di negara dengan ekonomi tertutup lebih melindungi pasar dalam negeri.


14. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan sistem politik demokrasi liberal dan sistem politik demokrasi sosial?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan sistem politik demokrasi liberal lebih mementingkan kebebasan individu dan pasar bebas, sedangkan administrasi negara di negara dengan sistem politik demokrasi sosial lebih mementingkan kesejahteraan sosial dan peran pemerintah dalam ekonomi.


15. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat kebebasan pers tinggi dan tingkat kebebasan pers rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat kebebasan pers tinggi cenderung lebih transparan dan akuntabel, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat kebebasan pers rendah mungkin terbatas dalam menghadapi kritik dan kontrol publik.


16. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi politik tinggi dan tingkat partisipasi politik rendah.

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi politik tinggi melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam pengambilan keputusan politik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat partisipasi politik rendah mungkin kurang melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses politik.


17. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara dengan tingkat perkembangan teknologi tinggi dan tingkat perkembangan teknologi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat perkembangan teknologi tinggi dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi administrasi, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat perkembangan teknologi rendah mungkin menghadapi keterbatasan dalam penerapan teknologi.


18. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat akses informasi tinggi dan tingkat akses informasi rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat akses informasi tinggi cenderung lebih transparan dan memfasilitasi partisipasi publik, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat akses informasi rendah mungkin lebih terbatas dalam hal keterbukaan dan akuntabilitas.


19. Jelaskan perbedaan antara administrasi negara dalam konteks ekonomi pasar dan ekonomi terencana!

Jawaban: 
Administrasi negara dalam konteks ekonomi pasar cenderung memberikan kebebasan kepada pasar dalam mengatur kegiatan ekonomi, sedangkan administrasi negara dalam ekonomi terencana lebih terlibat dalam mengatur dan mengawasi sektor ekonomi.


20. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara federal dan negara unitaris?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara federal melibatkan pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sedangkan administrasi negara di negara unitaris memiliki kekuasaan yang terpusat pada pemerintah pusat.


21. Tuliskan faktor penyebab pentingnya perbandingan administrasi negara!

Jawaban:
Pentingnya studi Perbandingan administrasi negara terutama disebabkan oleh 5 faktor, yaitu:
1. Banyak negara-negara baru memperoleh kemerdekaan setelah berakhirnya PD II
2. Semakin luasnya keterlibatan amerika serikat didalam urusan-urusan internasional.
3. Semkin besarnya keterlibatan PBB dalam menangani masalah-masalah internasional, terutama terhadap negara-negara yang menjadi anggotanya
4. Merupakan motivasi para ahli ilmu administrasi negara untuk mengembangkan teori-teori administrasi negara guna kepentingan akademis maupun praktis
5. Timbulnya suatu kesadaran baru baik kalangan ilmuan maupun praktisi bahwa ekologi administrasi negara memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap proses-proses dan perilkau apartur dalam administrasi negara.


22. Perbandingan administrasi negara mempunyai fungsi yang mana antara lain?

Jawaban:
Fungsi
1. Mengidentifikasikan perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam administrasi negara masing-masing
2. Mencari dan menemukan sistem administrasi negara yang paling efektif dalam mencapai tujuan bernegara
3. Mencari dan menemukan sistem yang paling tepat untuk digunakan dalam menjalankan kebijakan pemerintah
4. Memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang kebaikan dan kebutuhan masing-masing administrasi negara. (Utami Dewi. 2015 : 4).
5. Mencari metode guna memperbaiki kesalahan atau kelemahan dalam administrasi negara
6. Mencari alat analisis mengapa administrasi negara yang satu berhasil dan administrasi negara yang lainnya mengalami kegagalan


23. Beberapa peristiwa penting yang mengawali studi perbandingan administrasi negara antara lain?

Jawaban:
Peristiwa penting yang mengawali studi perbandingan administrasi negara:
1. Kebijaksanaan pemerintah amerika serikat yang dikenal kebijaksanaan Marshall plan yakni, suatu proyek untuk membantu pembangunan/ penataan kembali sistem perekonomian negara-negara eropa yang telah hancur akibat PD II.
2. Pada tahun 1952 public administration clearing house (PACH) merupakan suatu lembaga sebagai pusat pengumpulan, pengklrifikasian, dan penyebaran informasi administrasi negara bertindak sebagai sponsor utama pada konferensi comporative administration yang diselenggarakan princetone, amerika serikat.
3. Pada tahun 1953, internasional political science assosiation (IPSA) meprakarsai diselenggarakan diskusi panel tentang comporative public administration yang diketuai oleh charles s. Acher. Selanjutnya dibawah naugan IPSA ini berbagai peneilitian tentang studi Perbandingan administrasi negara telah banyak dilakukan di negara-negara eropa.
4. Guna lebih mengefektifkan kebijaksanaan amerika serikat untuk membantu pembangunan negara-negara yang sedang berkembang yang diilhami oleh keberhasilan Marshall Plan, pada tahun berikutnya ACT for internasional development diundangkan dan akan ditangani oleh techinical coorporation administration dibawah naungan departemen luar negeri amerika serikat.
5. Pada tahun 1959. Terbentuklah comporation grup (CAG). Kelompok inilah dikenudian hari memiliki andil yang paling besar dalam mengembangkan kajian atau studi Perbandingan administrasi negara tersebut


24. Bagaimana perbandingan antara administrasi negara di negara dengan tingkat kemiskinan tinggi dan tingkat kemiskinan rendah?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara dengan tingkat kemiskinan tinggi perlu fokus pada program pengentasan kemiskinan dan pemerataan ekonomi, sedangkan administrasi negara di negara dengan tingkat kemiskinan rendah mungkin lebih fokus pada pembangunan sosial dan kesejahteraan masyarakat.


25. Apa perbedaan antara administrasi negara di negara yang menganut sistem politik presidensial dan sistem politik parlementer?

Jawaban: 
Administrasi negara di negara yang menganut sistem politik presidensial memiliki pemisahan kekuasaan antara eksekutif dan legislatif, sedangkan administrasi negara di negara yang menganut sistem politik parlementer memiliki hubungan erat antara eksekutif dan legislatif.