Skip to main content

13 Soal (Essay) Kalimat Efektif

Soal (Esai/Uraian) Mengenai Kalimat Efektif

1. Kapan kita harus menggunakan kalimat Efektif?
2. Mengapa saat bercerita harus menggunakan kalimat efektif?
3. Apa maksud kehematan dalam kalimat efektif ?
4. Apakah Kalimat Efektif Itu harus Baku ?
5. Bagaimana ciri ciri kalimat efektif itu?
6. Jelaskan maksud dari prinsip Kepararelan Bentuk dalam konteks Kalimat Efektif! Sertakan contoh.
7. Jelaskan maksud dari prinsip kalimat yang menggunakan prinsip Kehematan Kata. Berikan contoh minimal dua.
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kecermatan, Ketegasan, Kepaduan dan Kelogisan dalam konteks Kalimat Efektif.
9. Mengapa kalimat efektif diperlukan dalam berbahasa
10. Haruskah kita selalu menggunakan kalimat efektif ?
11. Apakah yang dimaksud dengan kalimat efektif?
12. Ada empat syarat sebuah kalimat bisa dikatakan efektif, tuliskan!
13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan prinsip Kalimat Efektif Kesepadanan Sruktur! Sertakan contoh

Jawaban:

1. Dalam menulis karya ilmiah, Surat resmi, bercerita dan mengarang(buku) serta situasi lain yang mengharuskan kita menggunaakn kalimat efektif.

2. Karena dalam kalimat efektif, harus memilih diksi(pilihan kata) dengan sebaik mungkin, agar bisa diterima, dipahami, dan dibayangkan sebaik mungkin oleh si pendengar.

3. Maksudnya tidak menggunakan kata yang tidak perlu atau biasa disebut sia sia atau mubazir.

4. Tentu saja tidak, Memang hampir semua kalimat efektif itu adalah kalimat baku, tetapi dalam praktiknya, kalimat efektif tidak baku, terwujud, atau dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari melalui ragam lisan. Ragam lisan adalah bahasa sehari hari yang digunakan. Alasan mengapa kalimat ini dijadikan efektif karena SUPER membantu dalam penjelasan, sehingga efisien, sesuai dengan situasi dan membantu meningkatkan pemahaman dari pendengar.

5. Ciri-ciri kalimat efektif yaitu kesepadanan dan kesatuan, kesejajaran bentuk, penekanan dalam kalimat, kehematan ...

6. Keparalelan merupakan kesamaan bentuk yang digunakan dalam kalimat itu.
Maksudnya yaitu jika pada kata pertama berbentuk verba, maka kata kedua juga harus berbentuk verba.
Contoh kalimat keparalelan:
Sang tutor menjelaskan, memaparkan, dan penerapan sebuah aplikasi pada para praktikan. (tidak efektif)
Sang tutor menjelaskan, memaparkan, dan menerapkan sebuah aplikasi pada para praktikan. (efektif).

7. Kehematan adalah usaha menghindari pemakaian kata yang tidak perlu. Hemat disini berarti tidak menggunakan kata-kata mubazir, tidak menjamakkan kata yang sudah berbentuk jamak, dan tidak mengulang subjek. Dengan menghemat kata, kalimat menjadi padat dan berisi.
Contoh kalimat kehematan:
Karena ia tidak diundang, dia tidak datang ke pesta itu. (tidak efektif)
Karena tidak diundang, dia tidak datang ke pesta itu. (tidak efektif)
Presiden SBY menghadiri Rapin ABRI hari Senin (tidak efektif)
Presiden SBY menghadiri rapat ABRI Senin itu. (tidak efektif)

8.
a. Kecermatan adalah bahwa kalimat itu tidak menimbulkan tafsir ganda, dan tepat dalam pilihan kata.
b. Kelogisan adalah ide kalimat itu dapat diterima oleh akal dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku.
c. Kepaduan ialah kepaduan pernyataan dalam suatu kalimat sehingga informasi yang disampaikan tidak terpecah-pecah.
d. Ketegasan atau penekanan adalah suatu perlakukan menonjol pada ide pokok kalimat. Dalam sebuah kalimat ada ide yang perlu ditonjolkan

9. Agar lebih mudah dipahami dan dimengerti, serta pesan yang disampaikan akan jelas, dan tidak ambigu.

10. Tidak, kita hanya harus menggunakan kalimat efektif pada saat diperlukan.

11. Kalimat efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain. Kalimat yang tidak banyak menggunakan kata dan kalimat tetapi menggunakan bahasa yang singkat padat dan jelas

12.
a. Sesuai EYD
Sebuah kalimat efektif haruslah menggunakan ejaan maupun tanda baca yang tepat. Kata baku pun mesti menjadi perhatian agar tidak sampai kata yang kamu tulis ternyata tidak tepat ejaannya.
b. Sistematis
Sebuah kalimat paling sederhana adalah yang memiliki susunan subjek dan predikat, kemudian ditambahkan dengan objek, pelengkap, hingga keterangan. Sebisa mungkin guna mengefektifkan kalimat, buatlah kalimat yang urutannya tidak memusingkan. Jika memang tidak ada penegasan, subjek dan predikat diharapkan selalu berada di awal kalimat.
c. Tidak Boros dan Bertele-tele
Jangan sampai kalimat yang kalian buat terlalu banyak menghambur-hamburkan kata dan terkesan bertele-tele. Pastikan susunan kalimat yang kalian rumuskan pasti dan ringkas agar orang yang membacanya mudah menangkah gagasan yang kalian tuangkan.
d. Tidak Ambigu
Syarat kalimat efektif yang terakhir, kalimat efektif menjadi sangat penting untuk menghindari pembaca dari multiftafsir. Dengan susunan kata yang ringkas, sistemastis, dan sesuai kaidah kebahasaan; pembaca tidak akan kesulitan mengartikan ide dari kalimat kalian sehingga tidak ada kesan ambigu.

13. Kesepadanan adalah keseimbangan antara gagasan atau pemikiran dengan struktur bahasa yang dipakai dalam kalimat. Kesepadanan dalam kalimat ini diperlihatkan dengan adanya kesatuan gagasan dan kesatuan pikiran. Ciri-ciri kalimat yang memiliki kesepadanan struktur, yaitu:
1. Memiliki subjek dan predikat yang jelas
Contoh:
Bagi semua siswa kelas 2 harus mengikuti kegiatan study tour. (Tidak efektif)
Semua siswa kelas 2 harus mengikuti kegaiatan study tour. (Efektif)

Popular posts from this blog

59 Soal Teks Eksplanasi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Teks Eksplanasi 1. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah … a. Isinya memuat fakta b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini c. Adanya langkah prosedur d. Memuat unsur kekonyolan e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya 2. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan …. a. apa dan siapa b. kapan dan dimana c. bagaimana dan mengapa d. berapa dan bagaimana e. siapa dan mengapa 3. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi, kecuali …. a. struktur terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup b. memuat informasi sesungguhnya/fakta c. memuat informasi yang bersifat keilmuan d. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena e. berisi langkah-langkah kerja 4. Kutipan berikut untuk nomor 4 dan 5 Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir de

33 Soal Media Promosi

Soal Pilihan Ganda Mengenai Media Promosi 1. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh a. Detik b. Alfamart c. Okezone d. Liputan 2. Semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid... a. Brosur b. Radio c. Website d. Pamflet 3. Media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Koran 4. Suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau diwarung-warung... a. Majalah b. Ebook c. Booklet d. Spanduk 5. Berikut kelebihan dari media promosi banner, kecuali... a. Iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya. b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan c. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik. d. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran Anda.

33 Soal Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengolahan dan Kewirausahaan Makanan Asli Khas Daerah (Orisinil) 1. Bahan pembuatan makanan asli khas daerah Nusantara yang orisinil dari bahan hewani contohnya sebagai berikut, kecuali …. A. ikan B. telur C. kacang D. daging sapi E. kepiting 2. Kandungan makanan asli khas daerah berupa karbohidrat, protein, dan lemak berfungsi sebagai sumber …. A. energi B. zat pembangun C. zat pegganti sel yang rusak D. zat pengatur E. zat perintis 3. Tahu yang berasal dari asli daerah jawa barat, dikenal dengan nama tahu …. A. pong B. sutra C. sumedang, misihu D. jepang E. bacem 4. Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar semur jengkol tersebut adalah makanan asli khas daerah …. A. Maluku B. batak C. Bali D. Betawi E. Makassar 5. Masakan dengan memakai sayur mayor mentah merupakan khas dari daerah … A. jawa tengah B. jawa timur C. jawa barat D. bali E. ambon 6. Berikut beberapa teknik dalam mengolah makanan khas daerah nusatara, kecuali …. A. menggoreng B. mengukus C. ove