Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Essay) Budaya Nasional dan Interaksi Global Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Budaya Nasional dan Interaksi Global

1. Budaya nasional mencerminkan apa?

Jawaban:
Kebudayaan nasional yang mencerminkan nilai luhur bangsa terus dipelihara, dibina, dan dikembangkan dengan memperkuat penghayatan dan pengamalan Pancasila, meningkatkan kualitas kehidupan, memperkuat jati diri dan kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, memperkukuh jiwa persatuan


2. Bersumber dari apakah budaya nasional bangsa Indonesia?

Jawaban:
Budaya bangsa atau budaya nasionaladalah bersumber dari BUDAYADAERAH. Daerah yang dimaksud di sini adalah daerah-daerah yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI


3. Jelaskan bentuk hasil Interaksi global serta contohnya!​

Jawaban:
1. Kerjasama
Bentuk interaksi dalam lingkungan budaya yang pertama adalah kerjasama. Kerjasama sendiri merupakan salah satu contoh dari adanya sifat proses interaksi yang mengarah pada persatuan. Kerjasama sendiri merupakan bentuk interaksi yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai kepentingan serta memenuhi kebutuhan bersama tanpa paksaan. Salah satu contoh kerjasama di lingkungan budaya adalah adanya gotong royong, dimana gotong royong merupakan tradisi atau budaya yang erat melekat pada masyarakat. Oleh sebab itu, kerjasama juga menjadi salah satu tujuan komunikasi antar budaya.
2. Akomodasi
Bentuk interaksi dalam lingkungan budaya selanjutnya adalah akomodasi. Dimana akomodasi merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah atau pertikaian tanpa merugikan salah satu pihak. Sebagai contoh seperti adanya musyawarah yang juga menjadi suatu budaya yang khas dalam menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat secara damai.
3. Akulturasi
Akulturasi juga merupakan bentuk interaksi dalam lingkungan budaya yang berkemungkinan menimbulkan suatu kebudayaan karena adanya unsur-unsur budaya baru yang masuk. Walaupun begitu. Kepribadian atau unsur asli dari kebudayaan tersebut tidak akan hilang. Salah satu contoh akulturasi komunikasi antar budaya adalah adanya proses interaksi yang berlangsung diantara dua orang atau kelompok orang dari dua kebudayaan yang berbeda, seperti interaksi antara masyarakat Betawi dan China yang kemudian memicu timbulnya kebudayaan Lenong.
4. Asimilasi
Hampir sama dengan akulturasi, asimilasi juga merupakan bentuk interaksi dalam lingkungan budaya. Hanya saja dalam asimilasi akan tercipta budaya yang baru, hingga memungkinkan menghilangkan kepribadian kebudayaan aslinya. Salah satu contohnya adalah adanya perkawinan antar suku.


4. Apa yang terjadi pada budaya nasional jika budaya daerah mulai punah?

Jawaban:
Akan hilang budaya daerah punah budaya nasional kan sumber nya dari budaya daerah kalau budaya daerah punah budaya nasional pun akan hilang.


5. Bagaimana keragaman budaya bisa terjadi di Indonesia?

Jawaban:
Keberagaman budaya dalam masyarakat Indonesia disebabkan dari banyaknya suku bangsa di wilayah Indonesia, dengan setiap suku memiliki bahasa dan Budaya sendiri. Setiap pulau di Indonesia memiliki suku aslinya, dan pulau besar seperti Kalimantan dan Papua memiliki puluhan suku yang tinggal di sana.


6. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya di Indonesia?

Jawaban:
Sikap terhadap perbedaan akan budaya dan adat istiadat adalah: Menghargai perbedaan dan budaya. Menghormati antara yang satu dengan yang lainnya. Melakukan pengembangan daripada sikap primordialis dan chauvinisme.


7. Tuliskan contoh kearifan lokal dalam berbagai bidang!

Jawaban:
Contoh kearifan lokal dalam berbagai bidang yakni pemanfaatan sumber daya alam, pertanian, kesehatan, buadaya nasional, pertambangan dll.


8. Jelaskan mengapa pengembangan kearifan lokal penting untuk dilakukan!

Jawaban:
Kearifan lokal sangat penting dilakukan agar dapat bertahan terhadap budaya luar, memiliki kemampuan mengakomodasi unsur unsur budaya, mampu mengintegrasi unsur budaya luar ke dalam budaya asli, dan mampu memberi arah pada perkembangan budaya


9. Tuliskan faktor yang mempengaruhi munculnya kearifan lokal!

Jawaban:
Faktor yg mempengaruhi:
1. Letak geografis suatu daerah
2. Adat istiadat
3. Ada atau tidaknya asimilasi dan akulturasi