Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Essay) Berpikir Sejarah Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Materi Berpikir Sejarah


1. Jelaskan hubungan antara sejarah, pohon, dan silsilah dalam kaitannya dengan definisi sejarah secara etimologis.!

Jawaban:
Secara etimologis, kata sejarah berasal dari bahasa Arab Syajaratun yang artinya ‘pohon’. Sebagai simbol kehidupan, pohon, dari akar hingga daunnya saling berkaitan. Seperti pohon, sejarah pada setiap peristiwanya berkaitan dan saling memengaruhi masa yang akan datang.


2. Mengapa tidak semua peristiwa masa lalu dapat disebut sebagai peristiwa sejarah?

Jawaban:
Definisi ini juga merujuk pada silsilah, terutama silsilah raja atau dinasi pada masa lalu.
Karena hanya peristiwa yang bersifat penting, abadi, dan unik yang dapat disebut sebagai peristiwa sejarah melalui rekontruksi sejarah untuk membuktikan bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi dari data-data yang telah teruji.


3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
a) Herodotus: Sejarah bercerita tentang penyebab manusia melakukan berbagai tindakan.
b) Ibnu Khaldun: Sejarah bercerita tentang perubahan-perubahan dalam masyarakat atau peradaban manusia.
c) Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia: Sejarah adalah cerita atau ilmu tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia bersifat abadi, penting, dan unik.
d) Kuntowijoyo dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah adalah rekonstruksi masa lalu dari yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan dialami oleh manusia
Buatlah simpulan berkaitan dengan pengertian sejarah dari keempat tokoh tersebut.!
 
Jawaban:
Pengertian sejarah dari keempat tokoh itu adalah Sejarah adalah ilmu atau cerita tentang perubahan-perubahan yang terjadi, penyebab manusia melakukan berbagai tindakan, peradaban manusia itu sendiri dari masa lalu yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan dialami oleh manusia lalu direkonstruksi sehingga setiap peristiwa yang bersifat abadi, penting dan unik dapat didokumentasikan dan disebarkan sebagai fakta akan peradaban manusia di masa lalu.


4. Apa yang dimaksud dengan sejarah objektif dan sejarah subjektif?
Jawaban:
Sejarah objektif adalah hal yang dipikirkan, dikatakan, dirasakan, dan dialami oleh manusia dalam ruang dan waktu. Sedangkan Sejarah subjektif adalah orang yang meneliti sejarah.


5. Bagaimanakah hubungan sejarah dengan konsep ruang dan waktu?

Jawaban:
Hubungannya adalah bahwa manusia, uang, dan waktu tidak dapat dipisahkan karena setiap peristiwa sejarah yang dialami manusia pada masa lampau berlangsung dalam ruang dan waktu tertentu.


6. Jelaskan tujuan berpikir sinkronik dan diakronik dalam mempelajari sejarah.!

Jawaban:
Tujuan berpikir diakronik adalah untuk melihat perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan peristiwa sejarah tersebut. Sedangkan tujuan berpikir sinkronik adalah melihat perubahan segala sesuatu yang bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi pada suatu masa.


7. Apa yang dimaksud peran sejarah dalam memperkokoh identitas bangsa? Jelaskan disertai contoh.!

Jawaban:
Sejarah berperan penting membentuk identitas dan kepribadian bangsa. Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal identitas dan perkembangan mereka hingga sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dan identitas bangsa memiliki hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh keberadaan, identitas, serta kerpibadian suatu bangsa. Dengan demikian, suatu bangsaa akan bangga dan mencintai sejarahnya.


8. Jelaskan peran manusia sebagai penggerak dalam sejarah.!
Jawaban:
Peran manusia menjadi penggerak dalam sejarah atau peristiwa hidupnya dalam rangka mewujudkan perubahan dan kemajuan yang dicita-citakannya. Perannya dalam peristiwa sejarah layaknya pemeran utama dalam drama. Pemeran utama dalam drama menjadikan manusia sebagai pencipta, pelaku, penutur, dan sekaligus sebagai sumber sejarah