Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Essay) Dampak Sosial Informatika Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Dampak Sosial Informatika


1. Uraikan hubungan antara kekuatan hukum atas karya dengan tujuan penerapan HaKI!

Jawaban:  
Setiap hak yang digolongkan ke dalam HaKI harus mendapat kekuatan hukum atas karya atau ciptaannya, sehingga diperlukan tujuan penerapan HaKI. Tujuan dari penerapan HaKI di antaranya antisipasi kemungkinan melanggar HakI milik pihak lain, meningkatkan daya kompetisi dan pangsa pasar dalam komersialisasi kekayaan intelektual, serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan strategi penelitian, usaha dan industry di indonesia. Pada prinsip ekonomi, hak intelektual berasal dari kegiatan kreatif dari daya pikir manusia yang memiliki manfaat serta nilai ekonomi yang akan memberi keuntungan kepada pemilik hak cipta.


2. Uraikan hubungan antara HaKI dengan suatu strategi bisnis!

Jawaban:  
Dewasa ini HaKI merupakan aset bisnis serta bagian integral dari proses bisnis serta merupakan suatu strategi bisnis dalam rangka keberhasilan usaha bisnis atau perdagangan di dunia ini. Di sisi lain dalam kegiatan bisnis kadang istilah bisnis itu sendiri disamakan dengan perdagangan. Secara yuridis yang dikenal dalam peraturan perundangan perdagangan adalah kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan pengelihan ha katas barang atau jasa dengan disertai suatu imbalan.


3. Mengapa pemahaman HKI bisa dinyatakan salah/keliru?

Jawaban:  
Pemahaman HKI yang keliru selalu berkaitan dengan prasangka bahwa HKI hanya akan menguntungkan negara-negara maju dan menghambat negara-negara berkembang dalam mengakses teknologi dan informasi. Persoalannya sekarang bukan pada akses teknologi dan informasi, tetapi kecendrungan yang terjadi di dunia saat ini adalah adanya persaingan dagang yang ketat antara negara yang satu dengan negara lain.


4. Terangkan yang Anda ketahui tentang komunitas pengguna dan programmer!

Jawaban:  
HKI atas program komputer adalah kekayaan yang secara tradisional dilindungi dengan hak cipta atau paten di beberapa negara. Sebaliknya, gerakan open source dalam dunia industry program komputer telah mengadopsi posisi yang berbeda terhadap penegasan HKI untuk program komputer. Open source merujuk pada pengembangan program komputer yang kode asal (source code)yang bisa diperoleh publik sesuai dengan standar sertifikasi yang dikeluarkan open source Initiative (OSI). Program komputer tersebut walaupun dilindungi dengan hak cipta bebas untuk didistribusikan dengan lisensi terbatas dan pengembang di dorong untuk menjalankan, memodifikasi, menyalin, dan mendistribusikan program komputer gratis sepanjang memenuhi kondisi tertentu termasuk source code yang tetap dapat diakses oleh publik dan pemegang source code tidak menarik royalti apa pun.


5. Tuliskan hubungan antara gerakan open source dengan pengembangan program komputer!

Jawaban:  
Gerakan open source disusun untuk mendorong pengembangan program komputer secara bersama-sama, membuang program yang salah (bug) dan mengenalkan karya turunan. Model bisnis open source tetap berbasis pada hak cipta dan kontak, karena sistem hak cipta menyediakan infastruktur yang legal untuk open source program komputer. Beberapa program komputer didistribusikan dan memberikan lisensi untuk bebas mereproduksi program komputer menurut kondisi General Public License (GPL) serta end-user program komputer terikat oleh GPL. Dalam hal ini, yang paling populer adalah Linux OS yang berusaha untuk mengembangkan sistem operasi yang selama ini didominasi oleh Microsoft.


6. Mengapa serial number sangat penting?

Jawaban:  
Serial number adalah suatu kode unik yang biasanya diberikan sewaktu mendaftar untuk software yang akan digunakan. Kalau dalam crack sendiri, kebanyakan serial number di taruh di dalam Notepad, wordpad atau di file penyimpanan data lainnya penggunaan serial number adalah yang paling aman karena berisi nomor serial saja. Kode serial number ada juga yang menyertakan nama user si pemakai dan sekaligus nomor serialnya. Penggunaan serial number tidak akan bermasalah alias illegal dan tidak mengganggu komputersedikit pun. Namun demikian, serial number dapat software yang ada di unduh/beli, pada dasarnya kurang diminati dan kurang lengkap dalam fitur-fitur aplikasinya.


7. Berikan contoh penggunaan perintah keygen yang Anda ketahui!

Jawaban:  
Contoh perintah Keygen
1. Instal Corel Video Studio X4 sampai selesai
2. Jalankan Video Studio X4-Maka akan muncul seperti pada gambar 1
3. KLIK CONTINUE
4. Jika tidak connect Internet-Anda Pilih REGISTER LATER-Continue-Lanjut Ke STEP 5
#Namun Jika Anda Connect Internet, Saya sarankan Anda untuk Registrasi
# Registrasi ini Gratis yaitu dengan cara memasukan datanya. (Data tidak harus valid)
# Setelah mengisi datanya, maka klik SUMIT setelah itu pilih CONTINUE.
5. Setelah program VideoStudio X4 Terbuka, sekarang EXIT kembali. Maka nanti akan ada pemberitahuan TRIAL.
6. Pilih “Already purchased” (pojok kiri bawah).
7. Jalankan Keygen-pilih program “corel VideoStudio X4” (Jangan Tutup KEYGEN dan VIDEOSTUDIO X4 sebelum semuanya selesai).
8. Copy serial dari Keygen ke Kolom Serial Number pada Corel (Kolom paling atas) 9. Klik “Phone corel”
10. copy Instalation code dari corel ke Keygen (Tanpa Tanda”-“).
11. Lalu klik ACTIVATION pada Keygen-Maka Akan terbentuk Activation Code pada Keygen copy Activation Code dari Keygen Ke Corel-Lalu Klik CONTINUE.
12. SELESAI


8. Tuliskan bunyi Pasal 72 Ayat 6-9 pada UU 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta!

Jawaban:  
Bunyi pada Padal 72 Ayat 6-9 pada UU 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta yang dapat dirumuskan sebagai berikut
a. Pasal 72 (6) dengan sengaja dan tanpa hak mencantumkan nama pencipta pada ciptaan; atau mengubah isi suatu ciptaan, judul ciptaan, dan anak judul ciptaan
b. Pasal 72 (7) dengan sengaja dan tanpa hak meniadakan atau mengubah informasi elektronik tentang informasi manajement hak pencipta
c. Pasal 72 (8) dengan sengaja dan tanpa sengaja merusak, memenindahkan atau membuat tidak berfungsi saran teknologi sebagai pengaman hak pencipta
d. Pasal 72 (9) dengan sengaja dan tanpa sengaja tidak memakai semua peraturan perijinan dan persyaratan produksi yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang dalam penggunaan saran produksi teknologi tinggi khusunya dibidang cakram optik (optical disc)


9. Terangkan yang Anda ketahui tentang serial number ilegal!

Jawaban:  
Semua kode serial number yang di buat semua pihak pembajak atau yang diperoleh dengan cara yang bisa digunakan untuk membuka full version dari suatu shareware. Disebut illegal karena diperoleh tidak dengan cara membeli lisensi atau tidak didistribusikan dengan cara yang di izinkan pemegangan lisensi.


10. Uraikan yang Anda ketahui tentang freeware (prioprietary freeware)!

Jawaban:
Karakteristik dari proprietary freeware adalah perangkat lunak gratis, harganya gratis, bisa disalin gratis, tetapi tidak menyertakan source code dan tidak boleh di ubah dalam hal ini, menjual dan memodifikasi freeware adalah terlarang. Fitur (umumnya kurang lengkap karena biasa di pakai pemacing membeli versi commerialnya. Masa pemakaian lamanya misalnya google Earth, CCleaner, dan Avira Antivir PE.


11. Mengapa Indonesia harus mengembangkan industri berbasis pada HKI?

Jawaban:  
Saat ini sudah bukan masanya lagi bagi Indonesia menggantungkan pada industri berbasis sumber daya alam yang semakin lama semakin berkurang jumlahnya. Oleh karenaitu, Indonesia harus mengembangkan industri berbasis kemempuan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif karena industri yang paling besar memiliki peluang untuk bersaing di pasar global salah satunya adalah industri yang berbasis pada HKI.


12. Uraikan yang Anda ketahui tentang definisi HaKI (Ha katas Kekayaan Intelektual) menurut Undang-undang No. 7 Tahun 1994!

Jawaban:  
Istilah HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) merupakan terjemahan dari Intellectual Property Right (IPR), seperti halnya diatur dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 1994 tentang pengesahan WTO (The Word Trade Organization). Pengertian Intelectual Property Right sebagai pemahaman mengenai hak atas kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia, yang memiliki hubungan dengan hak seseorang secara pribadi yaitu hak asasi manusia (human right). Pada intinya HaKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kretivitas intelektual. Objek yang diatur dalam HaKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual seseorang.


13. Terangkan berbagai bentuk pelanggaran lisensi Windows yang umum dijumpai!

Jawaban:  
Pelanggaran lisensi Windows di antaranya termasuk pemakaian loader illegal supaya tidak perlu mengaktifasi (berbayar) Windows seharusnya aktifitas di lakukan dengan membelinya


14. Mengapa penjualan PC bundling termasuk sebagai penipuan?

Jawaban:  
Masalah penipuan bundling sudah bukan metode baru dalam pembajakan dan dianggap penyebabnya maraknya pembajakan di kalangan end-user karena merekalah sebenarnya yang mendidiknya. Penipuan bundling berujung pada penggunaan barang yang bukan haknya di masyarakat yang tidak tahu apa-apa. Dengan demikian, penjualan komputer dengan isi perangkat lunak bajakan termasuk kategori penipuan. Sedangkan jasa install ulang ilegal juga sangat rumit jika ditelusuri. Secara teknis memang mudah membajak Windows, apalagi dengan tambahan aplikasi yang juga termasuk bajakan.