Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Essay) Struktur Atom Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Struktur Atom

1. Apa saja struktur dari atom?

Jawaban:
Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tak memiliki neutron).


2. Apa itu struktur atom ?

Jawaban: 
Struktur atom merupakan unit dasar materi yang terdiri dari inti atom dan awan elektron yang memiliki muatan negatif (-) di sekelilingnya.


3. Berapa banyak jenis atom?

Jawaban:
Macam-Macam Model Atom: Dalton, Thomson, Rutherford, dan Bohr


4. Apa dasar atom?

Jawaban:
Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. 


5. Apa tujuan mempelajari struktur atom?

Jawaban: 
Fungsinya untuk mengetahui komposisi unsur dan senyawa yang menyusun suatu benda dan sifat benda.


6. Siapa yang menemukan struktur atom?

Jawaban: 
Niels Bohr, ahli fisika dari Denmark adalah ilmuwan pertama yang mengembangkan teori struktur atom pada 1913. Teori tentang sifat atom yang didapat dari pengamatan Bohr: Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan.


7. Apa yang dimaksud struktur inti atom?

Jawaban: 
Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral. Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari atom itu sendiri dan sebagian besar tersusun dari neutron dan proton tanpa sumbangan dari electron. Walaupun lebih kecil, 99% massa atom terkonsentrasi pada inti atom.


8. Apa saja ciri ciri atom?

Jawaban: 
Ciri-ciri atom : 
- Merupakan partikel terkecil yang tidak bisa dipecah lagi. 
- Senyawanya terbentuk apabila atom bergabung satu sama lain. 
- Digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil.


9. Berapa ukuran 1 atom?

Jawaban:
Atom pada umumnya memiliki diameter dalam orde 10-10 m. sedangkan diameter inti atom ~10 -15 m. Inti atom berisi proton dan netron (disebut nukleon). Netron tidak memiliki muatan, namun massa netron ≈ massa proton.


10. Seperti apa bentuk atom?

Jawaban:
Model atom yang paling sederhana adalah model atom dalton, yang dikemukakan oleh John Dalton, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris. Menurut model atom ini, atom merupakan bola pejal yang tidak bermuatan. Selain itu, menurut teori atom ini, atom merupakan kesatuan terkecil yang tidak bisa dibagi-bagi lagi.


11. Berapa muatan inti atom?

Jawaban:
Jadi, partikel yang terdapat dalam inti atom adalah proton dan neutron dan muatan inti atom adalah sama dengan muatan proton yaitu (+1).


12. Dari mana asal atom?

Jawaban:
Atom berasal dari kata Yunani Atomos yang berarti 'tak terpecahkan'. Istilah ini pertama kali dipakai filsuf Yunani abad ke - 5 SM; Demokritus. Secara ilmiah konsep atom dikembangkan John Dalton pada awal abad ke - 19 sebagai sebutan generik untuk zat yang paling dasar dari suatu materi.


13. Apakah atom penting?

Jawaban:
Teori atom memiliki peranan penting terhadap kehidupan sehari-hari karena atom merupakan salah satu kajian utama dalam ilmu kimia. Atom merupakan bagian penyusun materi, dimana materi ini juga merupakan penyusun benda-benda bahkan tubuh makhluk hidup.


14. Apa manfaat dari atom?

Jawaban: 
1. Sebagai Alternatif Sumber Energi Berkelanjutan. 
2. Alternatif Energi Pengganti Listrik. 
3. Energi Atom Sangat Ramah Lingkungan.