Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal (Essay) Ekologi Manusia Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian/Esai) Materi Ekologi Manusia

1. Jelaskan Ilmu pengetahuan tentang kehidupan berkembang secara ilmiah!

2. Jelaskan perbedaan antara hubungan ekologi manusia dengan ilmu lingkungan!

3. Tuliskan tujuan ekologi manusia dipelajari!

Jawaban:

1. Ekologi sebagai cabang ilmu pengetahuan berciri metodenya yang ilmiah dan digambarkan secara ringkas dengan paradigma ilmiah. Metode ilmiah itu dimulai dengan penetapan masalah, asumsi ilmiah (dapat berupa hipotesis), pengujian asumsi atau hipotesis, serta tindak lanjut. Paradigma ilmiah dari ekologi dicirikan dengan hubungan timbalbalik makhluk hidup dengan komponen lain dalam kehidupan yang dapat berupa perolehan maupun kerugian yang selalu menimbulkan dampak atau perubahan dalam sistem di mana hubunganitu berlangsung.

2
. Dalam ekologi manusia hubungan timbal-balik itu terjadi antara manusia dengan seluruh komponen lingkungan di mana manusia berada atau berkepentingan. Sedangkan dalam ilmu lingkungan hubungan timbal-balik itu harus dinilai benar kalau menimbulkan manfaat bagi dirinya serta bagi manusia dan makhluk hidup lain, tetapi menjadi salah kalau justru merugikan dirinya sendiri maupun manusia dan makhluk hidup lain.

3. Ekologi Manusia dipelajari untuk mengenal tempat, makna, dan peranan keberadaan kita sebagai manusia dalam “rumah tangga” kehidupan di Bumi yang merupakan bagian sangat kecil dalam keluasan Jagat Raya dan dalam Kebesaran Maha Penciptanya.