Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

28 Soal (Essay) Taksonomi Tumbuhan Rendah Beserta Jawaban

Soal (Uraian) Taksonomi Tumbuhan Rendah dan Jawaban


1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Lumut tanduk (Anthocerotaceae)!

Jawaban:
Tubuh lumut tanduk menyerupai lumut hati yaitu seperti talus, tetapi sporofitnya berbentuk kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk dari gametofit. Cara perkembang biakannya sama dengan lumut hati, yaitu perkembang biakan secara generatif dengan membentuk anteridium dan arkhegonium yang terkumpul pada sisi atas talus. Salah satu contoh dari lumut tanduk adalah Anthoceros Laevis.


2. Uraikan tentang Lumut daun atau lumut sejati (Musci)!

Jawaban:
Lumut daun atau lumut sejati merupakan lumut yang sering kita jumpai karena tempat hidupnya yang lebih terbuka dibanding lumut lain, bentuknya pun lebih menarik. Lumut ini disebut dengan lumut sejati dan tidak memiliki akar.


3. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Pterydophyta!

Jawaban:
Tumbuhan paku disebut juga pterydophyta. Tumbuhan paku memiliki tingkatan lebih tinggi dari lumut karena memiliki akar, daun, dan batang sejati sehingga disebut kormofita. Tumbuhan paku memiliki habitat utama ditempat yang lembab, namun tumbuhan paku juga dapat hidup diberbagai tempat seperti di air, permukaan batu, tanah, serta dapat juga menempel (epifit) pada pohon. Tumbuhan paku merupakan organisme multiseluler dan eukariotik.


4. Uraikan tentang Paku Homospora!

Jawaban:
Paku Homospora, merupakan tumbuhan paku yang menghasilkan spora, memiliki jenis kelamin dan ukuran yang sama. Spora jantan dan betina tidak dapat dibedakan. Tumbuhan jenis ini disebut juga tumbuhan paku Isospora seperti pada paku kawat


5. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Paku Heterospora!

Jawaban:
Paku Heterospora, paku heterospora merupakan tumbuhan paku yang menghasilkan spora. Spora yang dihasilkan memiliki ukuran berbeda antara spora jantan dan betina. Spora jantan berukuran lebih kecil sehingga disebut mikrospora, sedangkan spora betina berukuran lebih besar sehingga disebut makrospora. Paku heterospora juga dikenal dengan sebutan an-isospora. Contohnya paku rane.


6. Uraikan tentang Paku Peralihan!

Jawaban:
Paku Peralihan, paku peralihan merupakan tumbuhan paku dengan jenis kelamin yang berbeda (jantan atau betina) namun ukuran sporanya sama, contohnya seperti pada paku ekor kuda. Tumbuhan paku termasuk ke dalam kingdom plantae dan memiliki beberapa kelas, yaitu: Psilophyta, Equisetophyta, Lycophyta, dan Filicinae/Pterophyta.


7. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Psilophyta (paku purba/paku tel4njang)!

Jawaban:
Psilophyta (paku purba/paku telanjang), tumbuhan paku kelas psilophyta dapat ditemukan di daerah tropis maupun subtropis. Tumbuhan jenis ini memiliki habitat di air dangkal. Dindingselnya terdiri dari beberapa lapis sel yang tersusun sebagai tetrade. Paku purba merupakan paku telanjang yang memiliki daun berukuran kecil (mikrofil) yang belum terdiferensiasi. Pada bagian batang terdapat sebuah struktur yang disebut mikrofil. Mikrofil ini berbentuk sisik, tidak bertulang, dan tersusung jarang-jarang dalam garis spiral.Tumbuhna paku kelas psilophyta memiliki batang yang bercabang dengan sporangium di ujungnya. Kelas psilophyta belum memiliki daun dan akar sejati. Batangnya memiliki jaringan pengangkut sama seperti batang pada umumnya.


8. Uraikan tentang Equisetophyta/Sphenophyta (Paku ekor kuda)!

Jawaban:
Equisetophyta/Sphenophyta (Paku ekor kuda), tumbuhan paku kelas ini merupakan tumbuhan paku yang memiliki batang mirip dengan bentuk ekor kuda. Memiliki daun yang berukuran kecil-kecil menyerupai sisik dengan susunan berkarang atau melingkar pada buku. Batang beruas-ruas dengan sporangium yang tersusun dalam stobilus menyerupai ekor kuda. Memiliki semacam rimpang yang merayap dengan cabang berdiri tegak. Perkembangbiakan dapat secara seksual dan aseksual. Secara aseksual dengan membentuk anteredium dan arkegonium, sedangkan aseksualnya dengan spora. Terdapat sporofil berbentuk perisai dengan sejumlah sporangium pada sisi bawah.


9. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Lycophyta!

Jawaban:
Lycophyta merupakan tumbuhan paku dengan berkas pengangkut sederhana dan mempunyai akar membentuk percabangan menggarputerletak di sepanjang bagian bawah dari rimpang. Tumbuh tegak atau berbaring dengan cabang-cabang menjulang ke atas. Cabang-cabang tertutup oleh daun-daun berukuran kecil tersusun rapat dan spiral, sporangium muncul di ketiak daun dan berkumpul membentuk strobilus (kerucut). Tubuh tumbuhan dapat ditemukan daun yang berbentuk seperti rambut atau jarum. Sporofilnya berbentuk segitiga sama sisi, mempunyai rangkaian, mempunyai sporangium yang agak pipih. Letak sporangium adalah pada sisi atas daun, dekat dengan pangkalnya.


10. Uraikan tentang Filicinae/Pterophyta (Paku Sejati)!

Jawaban:
Filicinae merupakan kelompok tumbuhan paku yang tingkatannya lebih tinggi dari jenis paku lainnya. Kelas ini sudah memiliki akar, batang dan daun sejati secara keseluruhan. Paku sejati memiliki banyak tulang daun dan mempunyai makrofil (daun besar), serta mesofil (daging daun). Batangnya dapat tumbuh di atas atau di bawah tanah. Ciri khas dari filicinae adalah daunnya yang mudah menggulung dengan sporus yang biasanya ditemukan di bagian permukaan daun.

Soal (Esai) Taksonomi Tumbuhan Rendah Lengkap Jawaban


11. Uraikan tentang Algae (tumbuhan ganggang)!

Jawaban:
Algae (tumbuhan ganggang), ganggang (Algae) banyak ditemukan di air tawar, air laut ataupun di tempat tempat lembab. Bentuk tubuh ganggang ada yang bersel satu dan ada yang tersusun atas banyak sel. Ganggang yang multiseluler ada yang berbentuk seperti benang, lembaran, dan koloni sel-sel. Ganggang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati, namun ada sebagian ganggang laut memiliki bentuk yang menyerupai akar. Alga terbagi menjadi dua golongan yaitu alga yang merugikan bagi kehidupan manusia dan alga yang menguntungkan bagi kehidupan manusia.


12. Keuntungan apa saja Alga bagi kehidupan manusia?

Jawaban:
Alga yang menguntungkan bagi kehidupan manusia berupa :
a. Pembebas energi, banyak terdapat pada divisi Chlorophyta yang memiliki klorofil.
b. Penyusun biomassa
c. PST (Protein Sel Tunggal) contohnya divisi chlorophyta yaitu Chlorella sp.
d. Pengolahan limbah.
e. Pembuat agar, contohnya divisi Rhodophyta marga Gelidium.
f. Pembuat makanan, contohnya divisi Rhodophyta marga Poriphyra untuk pembuatan sushi.
g. Penghasil O2 yaitu kemampuannya sebagai organisme autotrof, namun hanya algae yang mempunyai klorofil yang mampu berfotosintesis.


13. Kerugian apa saja Alga bagi kehidupan manusia?

Jawaban:
Alga yang merugikan kehidupan manusia berupa :
a. Blooming alga. Merupakan salah satu peranan merugikan dari alga dimana suatu ekosistem air terjadi peledakan biomassa alga yang dapat menutupi perairan sehingga organisme dibawahnya tertutup cahaya matahari khususnya produsen sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis.


14. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Chlorophyta (Ganggang Hijau)!

Jawaban:
Penyebab penyakit, contohnya di Amerika Serikat disebut dengan istilah “Pasang Merah”, oleh divisi pyrrophyta (genus Gymnodium dan Gonyaulaz) yang menyebabkan keracunan, kelumpuhan hingga kematian.


15. Uraikan tentang Chrysophyta (Ganggang Keemasan)!

Jawaban:
Ganggang keemasan bersel tunggal atau banyak, memiliki pigmen dominankarotin (pigmen klorofil a, klorofil c, karoten, xantofil dan fikosantin). Hidup secaraautotrof, reproduksi aseksual (membentuk auksospora dan membelah diri) seksual (oogami)


16. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang tumbuhan tingkat rendah !

Jawaban:
Tumbuhan tingkat rendah merupakan kelompok tumbuhan yang berstruktur tubuh dan perkembangan organ tubuhnya masih sangat sederhana. Meskipun sebagian ada yang memiliki organ seperti batang, akar, dan daun namun bukan merupakan organ sejati. Tumbuhan yang tidak memiliki bunga dan jaringan pembuluh bukan termasuk organ sejati. Tumbuhan tersebut tidak memiliki bunga dan jaringan pembuluh angkut sehingga penyaluran materi di dalam tubuh dilakukan dengan cara difusi. Termasuk kelompok tumbuhan tingkat rendah diantaranya ciri-ciri tumbuhan tingkat rendah memiliki ciri khas tumbuhan tingkat rendah yaitu tumbuhan belah (schizophyta), tumbuhan talus (thallophyta), tumbuhan lumut (bryophta), serta tumbuhan paku (pteridophyta) sesuai dengan tumbuhan belah merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara membelah diri dan merupakan tumbuhan bersel satu.


17. Uraikan tentang tumbuhan Schizophyta!

Jawaban:
Schizophyta atau tumbuhan belah merupakan kelompok yang mempunyai ciri khusus yaitu berkembangbiak dengan membelah diri (Lukitasari et al, 2013). Schizophyta berasaldari bahasa Yunani scizein artinya membelah dan phyton adalah tumbuhan. Tumbuhan belah dianggap sebagai kelompok tumbuhan dengan tingkat perkembangan filogenetik yang paling rendah sehingga dari segi evolusi merupakan kelompok tumbuhan yang paling tuadan paling primitif. Devinisi tumbuhan membelah selain berkembangbiak dengan cara membelah juga mempunyai ciri–cirri hanya mempunyai satu sel saja dengan protoplas belum mengalami deferensiasi dengan jelas sehingga inti belum tampak nyata begitu pula plastidanya.


18. Tuliskan ciri-ciri dari tumbuhan Schizophyta!

Jawaban:
Ciri umum dari kelompok ini adalah :
a. Berkembangbiak dengan cara membelah diri,
b. Tubuh terdiri dari satu sel
c. Protoplas belum terdeferensiasi dengan jelas sehingga inti sel dan plastidanya belum jelas.


19. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Kelas Bakteri (Schizomycetes)!

Jawaban:
Bakteri berasal dari kata Bakterion (Yunani) yang artinya batang kecil. Didalam klasifikasi bakteri digolongkan dalam Divisio Schizomycetes. Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas dibandingkan dengan mahluk hidup yang lain. Bakteri memiliki ratusanribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat–tempat yang ekstrim. Bakteri ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan. Bakteri memiliki ciri–ciri yang membedakannya dengan mahluk lain. Bakteri adalah organism uniseluler dan prokariot serta umumnya tidak memilki klorofil dan berukuran renik.

Pertanyaan Taksonomi Tumbuhan Rendah & Kunci Jawaban


20. Tuliskan ciri-ciri dari Bakteri!

Jawaban:
Ciri-ciri umum:
a. Tubuh uniseluler (berselsatu)
b. Tidak berklorofil (meskipun ada beberapa jenis bakteri yang memiliki pigmen seperti klorofil sehingga mampu berfotosintesis)
c. Hidupnya bersifat autotrof
d. Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan Amitosis)
e. Habitat bakteri hidup dimana-mana/kosmopolit (tanah, air, udara, mahluk hidup)
f. Satuan ukuran bakteri adalah mikron (10 – 3 μ)


21. Tuliskan faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri!

Jawaban:
Faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri
a. Suhu
b. Derajat keasaman pH
c. Konsentrasi garam
d. Sumber nutrisi
e. Zat – zat sisa metabolisme
f. Kelas Ganggang biru / ganggang belah (Chyanophyceae/ Scizophyceae)


22. Uraikan tentang Kelas Ganggang biru / ganggang belah (Chyanophyceae/ Scizophyceae)!

Jawaban:
Ganggang hijau biru termasuk ke dalam monera, karena struktur selnya sama dengan struktur sel bakteri, yaitu bersifat prokariotik. Ganggang hijau biru berukuran mikroskopis, keberadaanya tersebarluas dan banyak ditemukan di perairantanah yang lembab, permukaandindingtembok, pot, batukarang yang lembab. Bahkanditemukan pula di tempat yang kurang menguntungkan lingkungannya. Beberapa jenis dijumpai pada sumber air panas seperti mata air panas Yellow Stone Park di Amerika. Ganggang Biru dikatakan sebagai salah satu vegetasi perintis karenamampuhi dup pada perairan dengan suhu sampai 85 derajat C (sumber air panas ).


23. Tuliskan ciri-ciri dari Ganggang biru!

Jawaban:
Ciri–ciri dan sifat ganggang hijau biru
a. Tumbuhan bersel satu, berbentuk benang (filamen) dan hidup berkoloni
b. Memiliki klorofil, karotenoid serta pigmen fikobilin yang terdiridari fikosianin dan fikoeritin (sering disebut ganggang hijau biru)
c. Dinding sel mengandung peptida, hemiselulosa dan selulosa, kadang- kadangberlendir
d. Inti sel tidak memiliki membran (prokarion)
e. Pada umumnya tidak bergerak (gerakan merayap atau meluncur pada alas yang basah)
f. Tidak mempunyai bulu cambuk (gerakan adanya kontraksi tubuh dan pembentukan lendir)
g. Perkembangbiakan vegetatif (membelah)


24. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Thallophyta!

Jawaban:
Menurut Sinyo dan Somadayo (2013), Thallophyta (tumbuhan talus) adalah tumbuhan yang belum dapat dibedakan akar, batang dan daun sehingga dikatakan dengan tumbuhan talus. Tubuh yang berupa talus itu mempunyai struktur dan bentuk dengan variasi yang sangat besar, dari yang terdiri atas satu sel berbentuk bulat sampai yang terdiri atas banyak sel dengan bentuk yang kadang-kadang telah mirip dengan kormusnya tumbuhan tingkat tinggi. Walaupun alga tidak memiliki organ batang, akar, daun, dan bunga, namun bentuknya berkisar dari tumbuhan yang bersel tunggal (mikroskopik) sampai yang bersel banyak (makroskopik) yang sangat kompleks yang panjangnya mencapai 70 meter.

Struktur anatomi thallus untuk tiap jenis alga makroskopis berbeda-beda. Ada thallus yang memiliki percabangan dan ada pula yang tidak. Percabangan thallus ada yang dichotomus (bercabang dua terus menerus), pectinate (berderet searah pada satu sisi thallus utama), pinnate (bercabang dua-dua pada sepanjang thallus utama secara berselang-seling), dan verticillate (cabangnya berpusat melingkari aksis atau sumbu utama). Sifat substansi thallus juga beraneka ragam, ada yang lunak seperti gelatin (gellatinous),mengandung zat kapur (calcareous), lunak seperti tulang rawan (cartilaginous), dan berserabut (spongious).

Sesuai dengan namanya, semua organisme yang masuk ke dalam divisi Thallophytamemiliki ciri utama, tubuh berbentuk talus. Yang disebut talus ialah tubuh tumbuhan yang belum dapat dibedakan dalam 3 bagian utama yaitu akar, batang dan daun. Perkambangbiakan terjadi secara vegetatif maupun generatif. Pembentukan spora dalam organ-organ dinamakan sporangium. Sedangkan perkembangbiakan seksual terjadi melalui peleburan gamet-gamet yang terbentuk dalam organ-organ yang disebut gametangium.


25. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Phaeophyta (ganggang coklat/ perang)!

Jawaban:
Phaeophyta hidup di pantai, warna coklat karena adanya pigmen fikosantin (coklat), klorofil a, klorofil b dan xantofil. Dinding sel terdiri dari selulosa, pektin danasam algin. Tubuh berbentuk seperti benang atau lembaran yang dapat mencapai puluhan meter. Reproduksi vegetatif dengan fragmentasi, sedangkan generatifdengan isogami dan oogami.


26. Uraikan tentang Rhodophyta (Ganggang Merah)!

Jawaban:
Ganggang merah atau Rhodophyta adalah salah satu kelas dari ganggang berdasarkan zat warna atau pigmentasinya. Warna merah pada ganggang inidisebabkan oleh pigmen fikoeritrin dalam jumlah banyak dibandingkan pigmen klorofil, karoten, dan xantofil. Ganggang ini pada umumnya banyak sel (multiseluler) dan makroskopis, tidak berflagel, memiliki kemampuan menimbun kalsium karbonat di dalam dinding selnya.. Ganggang ini dapat mencapai panjang antara 10 sentimeter sampai 1 meter dan berbentuk benang atau lembaran.


27. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bryophyta!

Jawaban:
Lumut ( Bryophyta) adalah sebuah divisi tumbuhan yang hidup didarat, yang umumnya berwarna hijau dan berukuran kecil (dapat tidak tampak dengan bantuan lensa), dan ukuran lumut yang terbesar adalah kurang dari 50 cm. Lumut mempunyai sel-sel plastid yang dapat menghasilkan klorofil A dan B, sehingga dapat membuat makanan sendiri dan bersifat autotrof. Lumut termasuk kedalam kingdom plantae, yang mana kingdom plantae meliputi semua organisme yang multiseluler dan telah berdiferensiasi, eukariotik, dan dinding selnya mempunyai selulosa. Organisme yang termasuk kedalam plantae ini hampir seluruhnya bersifat autotrof (membuat makanan sendiri) dengan bantuan cahaya matahari saat proses fotosintesis.

Siklus hidup tumbuhan lumut bersifat metagenesis, karena bergantian antara reproduksi seksual dan aseksual. Awalnya sporofit menghasilkan spora yang akan menjadi protonema, dari protonema inilah gametofit terbentuk. Generasi gametofit ini punya satu sel kromosom yang disebut dengan haploid (n) dan gametofit ini menghasilkan gametangium (organ reproduksi) yang disebut dengan anteredium pada jantan dan arkegonium pada betina. Gametangium dilindungi oleh daun khusus (bract).


28. Uraikan tentang Lumut Hati (HepatiCospida)!

Jawaban:
Lumut ini mempunyai bentuk khas yaitu lekukan-lekukan yang menyerupai bentuk hati dan juga terbagi atas dua lobus, sama seperti hati. Lumut ini tumbuh dan menempel di bebatuan, tanah, daun-daun pepohonan dalam rimba di daerah tropika dan dinding-dinding pada bangunan tua yang lembab. Lumut hati dapat melakukan fotosintesis untuk makanannya sendiri (autotrof).

Struktur tubuhnya meliputi akar, batang, dan daun.Lumut hati berkembang biak dengan oogami secara generatif, dan dengan fragmentasi, tunas, dan kuncup eram secara vegetatif. Lumut ini juga bereproduksi secara aseksual dengan menggunakan sel yang disebut dengan gemma, yang berbentuk mangkok dan terletak dipermukaan sporofit.Contoh lumut ini adalah Marchantia polymorpha dan Porella.