Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

45 Soal (Essay) Penginderaan Jauh Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Penginderaan Jauh

1. Apa yang dimaksud dengan penginderaan jauh?

Jawaban:
Penginderaan jauh atau inderaja (remote sensing) adalah seni dan ilmu untuk mendapatkan informasi tentang obyek, area atau fenomena melalui analisa terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung dengan obyek, daerah ataupun fenomena yang dikaji


2. Apa contoh penginderaan jauh?

Jawaban:
Contoh Penginderaan jauh antara lain satelit pengamatan bumi, satelit cuaca, memonitor janin dengan ultrasonik, dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit.


3. Bagaimana cara kerja penginderaan jauh?

Jawaban:
Penginderaan jauh ini dimulai dengan proses perekaman objek di permukaan bumi. Alat penginderaan ini memanfaatkan tenaga penghubung yang nantinya akan memberikan fata objek ke sensor sehingga menghasilkan sebuah data.


4. Apa manfaat penginderaan jauh untuk?

Jawaban:
Berikut 5 manfaat pengindraan jauh di berbagai bidang: 
1. Pengamatan pasang surut air laut dan gelombang laut 
2. Pemetaan pola aliran sungai 
3. Perencanaan pembangunan wilayah 
4. Pemetaan penggunaan lahan 
5. Pendeteksian lahan kritis


5. Apa saja objek dalam penginderaan jauh?

Jawaban:
Obyek dalam penginderaan jauh meliputi kenampakan di permukaan Bumi, baik alam maupun buatan seperti lahan, perairan, hutan, permukiman, dan bentuk muka Bumi. Secara umum obyek penginderaan jauh berupa fenomena geosfer yang meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, antroposfer, dan biosfer.


6. Komponen penginderaan jauh ada berapa?

Jawaban:
Komponen penginderaan jauh terdiri dari sumber tenaga, atmosfer, interaksi antara tenaga dan objek, sensor dan wahana, perolehan data, dan penggunaan data.


7. Apa Kelemahan penginderaan jauh?

Jawaban:
1. Harga peralatan pengindraan jauh relatif mahal 
2. Data citra foto dan citra nonfoto sulit untuk didapatkan 
3. Perlu keahlian khusus dalam penggunaan pengindraan jauh.


8. Apa saja faktor yang mempengaruhi proses penginderaan jauh?

Jawaban:
Komponen Penginderaan Jauh:
1. Waktu penyinaran
2. Bentuk permukaan bumi
3. Keadaan cuaca
4. Atmosfer
5. Interaksi antara tenaga dan objek
6. Sensor dan Wahana.


9. Siapa pengguna data penginderaan jauh?

Jawaban:
Hasil penginderaan jauh secara elektronik dapat diinterpretasi secara manual maupun secara digital. Keberhasilan proses penginderaan jauh bergantung pada diterima atau tidaknya hasil penginderaan jauh oleh para pengguna data. Pengguna data bisa perorangan, kelompok, badan, atau pemerintah.


10. Penginderaan jauh menghasilkan apa?

Jawaban:
Penginderaan jauh menghasilkan citra yang dapat diinterpretasi secara spektral sehingga memberikan informasi bagi penggunanya.


11. Mengapa penginderaan jauh disebut sebagai sistem?

Jawaban:
Penginderaan jauh sering dinamakan sebagai suatu sistem karena melibatkan banyak komponen. Gambaran objek permukaan bumi merupakan hasil interaksi antara tenaga dan objek yang direkam.


12. Apa saja manfaat penginderaan jauh di berbagai bidang?

Jawaban:
Bidang tata guna lahan, penginderaan jauh bermanfaat untuk memetakan pola penggunaan lahan, memetakan lahan potensial, dan mendeteksi lahan kritis. Bidang transportasi, penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk memetakan jalur transportasi dan mengamati arus lalu lintas transportasi.


13. Bagaimana proses data dalam penginderaan jarak jauh?

Jawaban:
Data penginderaan jauh dapat diperoleh dari beberapa sarana, yaitu dengan menggunakan satelit, drone, stasiun bumi, maupun perangkat penerima teknis lainnya.


14. Apa peran penting penginderaan jauh dalam geografi?

Jawaban:
Penginderaan jauh memiliki peran yang penting dalam kajian geografi. Melalui penginderaan jauh, kita bisa menganalisis suatu fenomena atau objek yang ada dalam lingkup spasial tertentu, baik pada aspek fisik maupun aspek sosial budayanya.


15. Mengapa dalam penginderaan jauh memerlukan sumber tenaga?

Jawaban:
Fungsi sumber tenaga tersebut adalah untuk menyinari objek yang ada di permukaan bumi. Selanjutnya, gelombang dari sumber tenaga akan dipantulkan oleh objek ke sensor.