Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Essay) Dakwah Beserta Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Media Pembelajaran

1. Apa yang dimaksud dengan dakwah itu?

Jawaban:
Dakwah merupakan segala bentuk aktivitas penyampaian ajaran Islam kepada orang lain dengan berbagai cara bijaksana agar memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam semua lapangan kehidupan. Berbagai cara bijaksana itu mestilah dilaksanakan dengan seperangkat ilmu yang dikenal sebagai ilmu dakwah.


2. Apakah dakwah Menurut Islam?

Jawaban:
Dakwah adalah suatu proses penyampaian, ajakan atau seruan kepada orang lain atau kepada masyarakat agar mau memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama secara sadar, sehingga membangkitkan dan mengembalikan potensi fitri orang itu, dan dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat.


3. Apa saja contoh dakwah?

Jawaban:
Ali Aziz dalam buku Ilmu Dakwah, secara garis besar bentuk dakwah ada tiga macam, yakni: Dakwah bil lisan adalah dakwah yang disampaikan langsung secara lisan, Dakwah bil hal adalah Dakwah yang disampaikan melalui perbuatan seperti menyingkirkan duri di jalan, Dakwah bil qolam yakni dakwah yang disampaikan lewat sebuah tulisan


4. Apa tujuan utama dari dakwah?

Jawaban:
Tujuan utama dakwah adalah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat yang diridhai oleh Allah SWT. Yakni dengan menyampaikan nilai-nilai yang dapat mendatangkan kebahagiaan dan kesejahteraan yang diridhai Allah SWT sesuai dengan segi atau bidangnya masing-masing.


5. Metode dakwah ada berapa?

Jawaban:
Metode dakwah Islam dalam perspektif Al-Qur'an secara garis besar terbagi menjadi empat macam yaitu dengan al-hikmah, al-mau'izhah, al-jidal, dan al-qudwah.


6. Apa saja unsur unsur dakwah?

Jawaban:
Unsur – unsur dakwah adalah komponen-komponen yang terdapaat dalam kegiatan dakwah. Unsur-unsur tersebut adalah da'i (pelaku dakwah), mad'u (mitra dakwah), maddah (materi dakwah), wasilah ( media dakwah), thariqah (metode), dan atsar (efek dakwah).


7. Apa saja manfaat dari dakwah?

Jawaban:
Untuk muslim dakwah berfungsi sebagai proses peningkatan kualitas penerapan ajaran agama Islam sedangkan untuk non-muslim fungsi dakwah adalah memperkenalkan dan mengajak mereka secara sukarela.


8. Apa ciri ciri dakwah?

Jawaban:
Karakteristik (ciri) Dakwah Kita
1. Rabbaniyah, artinya bersumber pada (dari) wahyu Allah swt
2. Wasathiyah, artinya tengah –tengah atau tawazun (seimbang) 
3. Ijabiyah, artinya positif dalam memandang alam , kehidupan dan manusia
4. Waqi'iyah, artinya realistis dalam memperlakukan individu dan masyarakat
5. Akhlakiyah, syarat dengan nilai kebenaran. Baik dalam sarana maupun tujuan
6. Syumuliyah, artinya utuh dan menyeluruh dalam manhajnya
7. ‘Alamiyah, bersifat mendunia
8. Syuriyah, artinya berpijak diatas prinsip musyawarah dalam menentukan segala sesuatunya.
9. Jihadiyah, artinya terus memerangi siapa saja yang berani menghalang-halangi islam, dan mencegah tersebarnya dakwah.


9. Langkah tahapan dakwah?

Jawaban:
Pelaksanaan dakwah pada fase Mekkah dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan dakwah secara rahasia, tahapan dakwah secara terang-terangan dan tahap dakwah di luar Mekkah yang berlangsung pada akhir tahun kesepuluh dari kenabian sampai hijrah ke Madinah.


10. Dari mana memulai dakwah?

Jawaban:
Oleh karena sifat ajaran islam yang demikian itu, maka berdakwah atau mengajarkannya harus dimulai dari dirinya sendiri. Islam menganjurkan ketika mengajak orang lain, maka dirinya sendiri harus terlebih dahulu menjalankannya.


11. Apakah Tujuan dakwah Menurut Al Quran?

Jawaban:
Dalam perspektif al-Qur'an, dakwah berarti mengajak manusia ke jalan Allah (sabīl Allāh), dār al-salām, al-jannah, agar mereka mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.


12. Apa saja materi dakwah?

Jawaban:
Adapun materi dakwah adalah seluruh ajaran Islam yang meliputi masalah ibadah, akidah, akhlak serta muamalah. Secara keseluruhan kepada segenap manusia tanpa ada rasa yang disembunyikan. Secara lengkap materi dakwah terhimpun didalam al- Quran yang dijelaskan oleh al-Hadist.


13. Apa saja pendekatan dakwah?

Jawaban:
Pendekatan dakwah dapat dibagi menjadi dua bentuk, yaitu: Pendekatan Sosial dan pendekatan Budaya.


14. Siapa saja yang menjadi sasaran dakwah?

Jawaban:
Baik sebagai individu maupun kelompok, atau manusia yang telah beragama Islam maupun tidak. Jadi sasaran dakwah dalam Islam adalah semua umat manusia. Bagi mereka yang belum memeluk agama Islam, dakwah diarahkan agar mereka menjadi muslim dan mengakui kebenaran ajaran Islam.


15. Siapa saja yang bisa melakukan dakwah?

Jawaban:
Siapapun bisa melakukan dakwah. Pimpinan Lembaga Dakwah Kreatif (iHaqi), Ustaz Erick Yusuf menilai dakwah bisa dilakukan semua orang. Dakwah yang dilakukan tidak melulu sama seperti seorang pemuka agama. Tapi bisa dilakukan dengan caranya sendiri-sendiri, serta dilakukan sesuai dengan profesi masing-masing.


16. Siapa saja yang memiliki kewajiban untuk berdakwah?

Jawaban:
Berdakwah bukan kewajiban yang diperintahkan oleh para ulama, kiai, atau oleh siapa pun. Akan tetapi merupakan perintah dari Allah dan utusan-Nya, Muhammad, secara langsung kepada setiap individu muslim.


17. Apa saja objek dakwah?

Jawaban:
Objek dakwah secara khusus dapat ditinjau dari berbagai aspek secara khusus sebagai berikut: • Aspek usia; anak-anak, remaja dan orang tua. besar, serta masyarakat marjinal dari kota besar. Aspek sturktur kelembagaan ; Legislatif, ekskutif, dan yudikatif. Aspek kultur keberagamaan; Priyayi, abangan dan santri.


18. Siapa saja subjek dakwah?

Jawaban:
Subjek dakwah adalah setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang telah balig dan beraqal dan memahami ajaran agama, menyampaikan dan mengajarkan sesuai dengan keahliannya serta mengamalkan ajaran-ajaran dan memperaktekkannya dalam kehidupannya sehari-hari.